Keyword 1

Keyword 2

Apa itu Guru Pendamping atau Shadow Teacher?

Apa itu Guru Pendamping atau Shadow Teacher?

Guru Pendamping atau sering dikenal dengan istilah shadow teacher, adalah seorang pendamping di bidang pendidikan pra-sekolah (pendidikan usia dini) dan sekolah dasar yang bekerja secara langsung dengan seorang anak berkebutuhan khusus selama masa tahun-tahun pra-sekolah dan sekolah dasar. Salah satu dari kriteria utama seorang Guru Pendamping (shadow teacher) adalah memahami karakteristik dan keanekaragaman dari anak-anak dengan kondisi kekhususan dan bagaimana menanganinya dengan baik dan benar.

Menyediakan seorang Guru Pendamping yang berkualitas dan berkompeten sangat membantu anak berkebutuhan khusus dapat mengikuti kelas dengan maksimal ketika perhatian penuh dan fokus diperlukan bagi seorang anak untuk menerima dan memproses informasi yang disampaikan ketika kegiatan belajar dan mengajar sedang berlangsung di dalam kelas. Para Guru Pendamping sudah seharusnya memiliki pendidikan dan pelatihan secara berkesinambungan agar dapat membantu siswanya berinteraksi dengan siswa lainnya, serta membantu siswa tersebut dengan pekerjaan-pekerjaan atau tugas-tugas sekolahnya. Guru Pendamping seharusnya dapat mengendailkan dan mampu mengantisipasi perilaku yang tidak diinginkan dari anak berkebutuhan khusus di dalam kelas.

Pelayanan seorang guru pendamping sangat bermanfaat dan dapat meningkatkan kualitas belajar anak di kelas secara keseluruhan. Tentu saja dibutuhkan keterampilan khusus untuk dapat menjadi guru pendamping. Dengan keterampilan tersebut, seorang guru pendamping dapat membantu menangani kondisi kekhususan yang seringkali menjadi gangguan pada kegiatan belajar anak. Seorang guru pendamping diharapkan mampu membantu anak dalam banyak hal, seperti konsentrasi (focus), komunikasi, partisipasi dalam kelas, sosilisasi, bersopan santun dan mengendalikan perilakunya.

Walaupun wali atau guru kelasnya mampu melayani dan mengajar dengan baik dengan tujuan dan arah yang jelas, namun tetap mereka tidak memiliki keterampilan dan pelatihan khusus seperti yang dimiliki oleh seorang Guru Pendamping. Seorang Guru Pendamping harus mampu memudahkan penyampaian pelajaran-pelajaran di kelas kepada anak berkebutuhan khusus dengan tujuan untuk memaksimalkan pemahaman sang anak.

Melihat pentingnya peran guru pendamping bagi tumbuh kembang dan pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus, baik di tingkat pendidikan usia dini hingga sekolah dasar, College of Allied Educators Indonesia menyelenggarakan program pendidikan pelatihan bagi individu yang memiliki gairah dan semangat menjadi seorang guru pendamping (shadow teacher).

 

MATERI/MODUL PELATIHAN

Materi/modul wajib yang akan dipelajari erat terkait dengan keterampilan di bidang:

·      Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (First Aid, CPR & Universal Precautions)

  • Pemahaman Tumbuh Kembang Anak (Child Developmental)
  • Pemahaman terhadap Anak Berkebutuhan Khusus & Pendidikan Inklusif (model setting pendidikan bagi ABK)
  • Metode Belajar & Mengajar Mata Pelajaran Dasar seperti Membaca, Menulis, Berhitung, Mengeja, Memahami (literacy, numerasi, and adaptive daily living skills).

Serta Materi/modul pilihan di bidang:

  • Memahami Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dini (PDD-NOS & MSDD)
  • Memahami Kondisi Kekhususan Anak Pada Usia Sekolah (Gangguan Spektrum Autistik, Gangguan Pemusatan Perhatian & Hiperaktifitas, Gangguan Belajar Spesifik, Gangguan Keterbelakangan Mental & Sindroma Down, Cerebral Palsy)

 

TIM PENGAJAR:

Materi/modul pelatihan akan diberikan oleh tim pengajar dari multidisiplin ilmu yang terdiri dari pakar psikologi anak dan perkembangan, ahli pendidikan kebutuhan khusus, ahli keguruan, dan instruktur Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dari Palang Merah Indonesia. Kepala tim pengajar dikoordinasikan oleh Adi D. Adinugroho-Horstman, Ph.D (ahli pedagogi klinis anak dan konsultan pendidikan umum, khusus, dan inklusif di Indonesia).

 

 MANFAAT & KOMPETENSI

Setiap peserta yang mengikuti dan lulus program pelatihan shadow teacher ini akan mendapat pengakuan kompetensi dan kelayakan dengan memperoleh:

  1. Sertifikat resmi dari College of Allied Educators Indonesia, yang dapat meneguhkan status guru pendamping (shadow teacher) untuk dapat diaplikasikan dalam penanganan pendidikan anak berkebutuhan khusus di Indonesia.
  2. Kartu Identitas resmi dari Palang Merah Indonesia (PMI), sebagai penanda yang bersangkutan layak dan mampu menerapkan tindakan pertolongan pertama pada kecelakaan dan beberapa tindakan darurat medis lainnya.
  3. Sertifikasi kompetensi ini dapat dimanfaatkan untuk meneruskan pendidikan guru pada jenjang lanjutan diploma-1 hingga kesarjanaan (diploma 4).

 

WAKTU:

Jadwal Pelatihan angkatan pertama akan dimulai pada: 10 November 2012. Kelas selanjutnya akan berlangsung setiap Sabtu, pukul 09.30 – 14.30 (total 60 jam dengan praktikum).

PERSYARATAN PESERTA

Minimal lulusan SMA/SMK atau setingkatnya

Wajib mengikuti Wawancara

 

INFO & PENDAFTARAN:

Sekretariat College of Allied Educators Indonesia

Menara Kuningan Unit F2

Jl. HR. Rasuna Said, Blok X-7, Kav. 5

Kuningan—Jakarta 12940

Tel.: (62) 21 3001 5796; 3300 6177

Fax: (62) 21 3001 5795

This post is also available in: English