Hak Setiap Anak Indonesia

Pendidikan di Indonesia
08/07/2015
Pendidikan Untuk Semua Anak
08/07/2015

Hak Setiap Anak Indonesia

Seorang ayah ingin sekali menyekolahkan anaknya yang mempunyai kekurangan disekolah regular atau umum. Pihak sekolah ada keraguan untuk menerima anak tersebut tapi sang ayah tetap memaksa kalau anaknya bisa mengikuti pelajaran sama seperti anak anak yang lainnya. Akhirnya anak tersebut dapat mengikuti pelajaran disekolah tersebut tapi ia mengalami diskriminasi dari teman teman kelasnya dan ia kerap dihina. Ini hanya potret dari cerita yang ada televisi dan kenyataannya seringkali terjadi. Memang ada sekolah luar biasa untuk anak anak berkebutuhan khusus tapi sekalah tersebut tidak menjangkau seluruh kota dan pedesaan yang ada di Indonesia. Terutama untuk yang tinggal dipedesaan lebih mudah temui dan dijangkau sekolah umum. Untuk mengatasi hal tersebut tercetuslah pendidikan inklusif.

Pendidikan inklusi atau inklusif memang dimaksudkan untuk anak anak berkebutuhan khusus (ABK) dapat mengikuti kegiataan belajar dengan teman sebaya mereka disekolah umum. Pendidikan inklusif sangat baik untuk mengenalkan kepada siswa siswi mengenai keberagamaan dan nilai sosial tanpa adanya perlakuan diskriminatif. Hal tersebut baik untuk siswa siswi ABK dapat bersosialisai tanpa malu karena mereka berbeda dan juga mengajarkan siswa siswi yang normal dapat menerima perbedaan.

Dalam pendidikan inklusif pemerintah sangat berperan besar untuk pendidikan tersebut dapat diterapkan disetiap sekolah yang ada di Indonesia. Sangat dibutuhkan pelatihan untuk guru guru dapat pengetahuan baru untuk mengajar dan pemahaman masyarakat. Atau juga disetiap sekolah diberikan guru atau staff pendamping yang ahli. Memang untuk menerapkan pendidikan ini sangat dibutuhkan komitmen yang tinggi karena tentunya kita tidak ingin pendidikan ini hanya sebatas sebuah program.

Dunia pendidikan internasional sudah beberapa kali mengadakan konfrensi agar pendidikan inklusif terus berjalan dengan baik. Di Indonesia sendiri juga telah mengadakan konfrensi di Bandung agar pendidikan ini benar benar dapat diterima dan diterapkan disekolah sekolah umum. Memang setiap penerapan yang baru akan timbul masalah masalah dilapangan. Kita jangan hanya meratapi permasalahan tersebut tapi mulai berpikiran terbuka bahwa setiap anak Indonesia berhak mendapatkan pendidikan yang layak tanpa melihat latar belakang dan kekurangan mereka. Semoga dengan adanya pendidikan inklusi setiap anak berkebutuhan khusus mendapatkan pendidikan yang mumpuni tanpa perlakuan diskriminatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *