Pelatihan Kompetensi Guru Pendidikan Usia Dini

Deskripsi Program:

Program pelatihan untuk tenaga pendidik anak usia dini ini dirancang untuk memperlengkapi guru-guru di taman bermain dan taman kanak-kanak, agar memiliki pengetahuan dan keterampilan memadai dalam menerapkan kurikulum pendidikan anak usia dini yang sesuai dengan aspek-aspek perkembangan anak. Program Pelatihan ini juga akan memperkuat keterampilan guru dalam kemampuan mengidentifikasi gangguan atau permasalahan perkembangan pada anak usia dini. Peserta pelatihan yang lulus program pelatihan ini diharapkan memiliki kecakapan menerapkan intervensi yang tepat dalam mendukung kesiapan anak didik untuk masuk ke jenjang pendidikan dasar.

Tujuan Pelatihan:

  • Peserta memahami aspek-aspek perkembangan anak dan mengetahui karakteristik anak didik di aspek perkembangan fisik, kognitif, emosional, sosial, bahasa, dan moril anak.
  • Peserta memiliki kemampuan dalam observasi dan dapat melakukan asesmen guna menyusun program pembelajaran, intervensi, dan program pengasuhan anak di usia dini (early childhood).
  • Peserta mampu mengenali dan memahami jenis-jenis gangguan perkembangan yang terjadi pada anak di usia dini.
  • Peserta mengetahui pre-academic skills yang harus disiapkan bagi anak dalam mempersiapkan anak didik memasuki jenjang sekolah dasar.
  • Peserta memiliki kemampuan dalam menguasai kelas (classroom management) dengan anak didik yang memiliki beragam kondisi.

Struktur Program:

Program Pelatihan Guru Pendidikan Usia Dini terdiri dari 6 (enam) modul yang diselenggarakan kurang lebih 8 (delapan) bulan, dengan total durasi belajar 92 jam. Kelas berlangsung pada hari Sabtu, mulai pukul 09.30 – 14.30 WIB.
Modul pelatihan disusun meliputi kemampuan dasar dalam memahami aspek-aspek perkembangan anak, kemampuan dalam observasi kondisi perkembangan anak didik, kemampuan menerapkan intervensi yang tepat untuk mempersiapkan pre-academic skillsanak didik, dan kemampuan mengenali permasalahan dalam perkembangan anak, serta memiliki kecakapan dalam membangun kerja sama dengan praktisi tumbuh kembang anak lainnya, seperti terapis, dokter, psikolog, maupun orangtua anak didik.
Untuk mengukur keberhasilan pembelajaran, setiap peserta akan mengikuti tes formatif dari modul-modul yang diajarkan. Setiap peserta yang berhasil mencapai nilai standar kompetensi yang ditetapkan akan memperoleh sertifikat kelulusan.

Metode Belajar & Evaluasi:

  • Tiap modul akan disampaikan oleh instruktur yang berpengalaman melalui tatap muka, diskusi, dan media pembelajaran multimedia (video dan materi presentasi).
  • Monitoring dan evaluasi belajar peserta akan diukur melalui tes formatif tiap modul.
  • Nilai tes formatif peserta menjadi penentu kelulusan dan pencapaian sertifikat kompetensi yang dikeluarkan lembaga College of Allied Educators Indonesia.

Jadwal & Durasi Pelatihan:

  • Kelas baru akan dimulai pada: 28 Oktober 2017
  • Kelas berlangsung pada hari Sabtu, pukul 09.30 – 14.30 WIB (Jadwal tiap modul akan disusun dalam kalender akademik)
  • Durasi belajar selama 8 - 10 bulan

Syarat Peserta:

  • Guru yang telah bekerja di sekolah pendidikan anak usia dini (toddler, pre-school, kindergarten),
  • Asisten Guru di sekolah pendidikan anak usia dini,
  • Calon guru dan asisten guru untuk sekolah pendidikan anak usia dini,
  • Orangtua atau penggiat pendidikan anak usia dini.

Tempat Pelatihan:

Gedung E-Building
Harmony Plaza Blok I Nomor 2-4
Jalan Suryopranoto 2, Jakarta Pusat

Informasi & Pendaftaran:

Untuk penjelasan yang lebih spesifik terkait sistem belajar, tujuan pembelajaran, waktu belajar, dan biaya pelatihan, calon peserta dapat mengikuti sesi free preview (penjelasan program) setiap hari kerja (dengan perjanjian) pada pukul: 09.00 – 16.00 WIB

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi: