Pelatihan Kompetensi Tenaga Pendidik Pendidikan Inklusif

Deskripsi Program:

Pelatihan Kompetensi Tenaga Pendidik Pendidikan Inklusif dirancang untuk memenuhi kebutuhan akan adanya tenaga pendidik yang memiliki pengetahuan dan keterampilan memadai dalam memberikan layanan pendidikan bagi anak didik berkebutuhan khusus di sekolah. Kemampuan yang dimiliki terutama untuk membantu pembelajaran peserta didik yang memiliki kondisi Autism Spectrum Disorder (ASD), Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), Kesulitan belajar spesifik (Specific Learning Disabilities) dan lamban belajar (Slow Learner), gangguan emosi perilaku (Emotional Behavior Disorder), dan Cerdas Berbakat Istimewa (Gifted).

Tujuan Pelatihan:

  • Peserta memahami prinsip penyelenggaraan pendidikan inklusif.
  • Peserta memahami dan mampu membedakan jenis-jenis gangguan perkembangan dan karakteristik kondisi kekhususan yang disandang anak didik.
  • Peserta mampu membuat program pembelajaran yang efektif bagi anak dengan kondisi Autisma, Asperger, Gangguan Emosional dan Perilaku, Gangguan Konsentrasi & Perilaku Hiperaktivitas, Gangguan Belajar dan Lamban Belajar, serta Cerdas Berbakat Istimewa di sekolah.
  • Program Pelatihan ini bertujuan menghasilkan tenaga pendidik dengan kompetensi memadai dalam menyusun, mengembangkan, dan menerapkan program pembelajaran yang sesuai dengan kondisi kekhususan anak didik di sekolah.
  • Program Pelatihan ini diharapkan dapat memperlengkapi tenaga pendidik sebagai navigator yang mampu mengarahkan dan menggerakkan penanganan dari kondisi kekhususan anak didik sehingga anak bisa keluar dari hambatan yang ada dan mampu mengoptimalkan potensinya.

Struktur Program:

Pelatihan Kompetensi Tenaga Pendidik Pendidikan Inklusif (PKTP2I) terdiri dari 11 modul yang diselenggarakan selama kurang lebih 12 bulan. Modul pelatihan disusun meliputi kemampuan dasar dalam mengenali kondisi kekhususan, memahami aspek-aspek perkembangan anak, serta kemampuan dalam observasi dan asesmen kondisi anak didik. Setelah mempelajari kemampuan dasar, para peserta akan mendapatkan modul lanjutan yang lebih spesifik membahas kondisi kekhususan dan menerapkan program pembelajaran individu (individualized educational program). Pada akhir pelatihan, para peserta akan menyusun tugas praktikum sebagai salah satu penilaian terhadap standar kompetensi yang diharapkan.

Metode Belajar & Evaluasi:

  • Tiap modul akan disampaikan oleh instruktur yang berpengalaman melalui tatap muka, diskusi, dan media pembelajaran multimedia (video dan materi presentasi).
  • Monitoring dan evaluasi belajar peserta akan diukur melalui tes formatif tiap modul dan laporan tugas praktikum.
  • Nilai tes formatif dan nilai praktikum peserta menjadi penentu kelulusan dan pencapaian sertifikat kompetensi yang dikeluarkan lembaga College of Allied Educators Indonesia.

Jadwal & Durasi Pelatihan:

  • Kelas baru (angkatan ke-8) akan dimulai pada: 4 November 2017
  • Kelas berlangsung pada hari Sabtu, pukul 09.30 – 14.30 WIB (Jadwal tiap modul akan disusun dalam kalender akademik)
  • Durasi belajar 12 bulan belajar ditambah3 (tiga) bulan penyusunan laporan praktikum.

Syarat Peserta:

  • Guru yang telah bekerja dengan anak didik berkebutuhan khusus di sekolah
  • Peserta Pelatihan memiliki latar belakang pendidikan minimal Diploma.
  • Orangtua dengan anak berkebutuhan khusus.

Tempat Pelatihan:

Gedung E-Building
Harmony Plaza Blok I Nomor 2-4
Jalan Suryopranoto 2, Jakarta Pusat

Informasi & Pendaftaran:

Untuk penjelasan yang lebih spesifik terkait sistem belajar, tujuan pembelajaran, waktu belajar, dan biaya pelatihan, calon peserta dapat mengikuti sesi free preview (penjelasan program) setiap hari kerja (dengan perjanjian) pada pukul: 09.00 – 16.00 WIB

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi: