Pendidikan di Indonesia

Pendidikan Adalah Hak Setiap Anak
08/07/2015
Hak Setiap Anak Indonesia
08/07/2015

Pendidikan di Indonesia

Di Indonesia kita mengenal sistem pendidikan mulai dari tingkat dasar (SD), tingkat menengah (SMP) dan tingkat atas atau kejuruan (SMA / SMK). Inilah pendidikan yang wajib diikuti oleh setiap anak di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu saja di Indonesia juga ada dan menerapkan pendidikan untuk anak yang ber kelainan (cacat) atau yang ber kebutuhan khusus, mereka dapat mendapatkan pendidikan di Sekolah Luar Biasa (SLB). Mulai pada tahun 2000an pemerintah kita juga mengikuti perkembangan pendidikan di dunia Internasional. Pada tahun 2004 di Bandung setiap insan yang bergerak di bidang pendidikan berkomitmen untuk menerapkan pendidikan inklusif.

Pendidikan inklusif adalah sebuah sistem pendidikan yang menerapkan semua anak dapat mengikuti pendidikan yang bermutu dan mendapatkan perlakuan yang sama. Dalam hal ini termasuk anak anak yang mempunyai kebutuhan khusus atau yang cacat. Dengan diterapkannya sistem pendidikan inklusif orang tua yang mempunyai anak berkebutuhan khusus tidak perlu khawatir lagi untuk anaknya pergi ke sekolah tanpa dihina atau dikucilkan. Pendidikan inklusif menerapkan nilai sosial yang tinggi dimana tidak ada lagi tindakan diskriminatif. Dunia pendidikan Internasional sudah mendeklarasikan pendidikan inklusif sangat penting bahwa setiap anak mempunyai hak untuk menuntut ilmu serta mengembangkan potensi yang mereka punya.

Pendidikan inklusif dilakakukan agar setiap anak berkebutuhan khusus mendapatkan pembelajaraan di sekolah umum. Pendidikan inklusif dapat berjalan dengan baik jika setiap lapisan yang ada disekolah mulai dari kepala sekolah, guru, anak didik, pihak yayasan dan seluruh staff sekolah mengerti apa itu pendidikan inklusif. Disekolah tentunya guru diberikan pelatihan untuk mempunyai keahlian atau pendamping khusus agar dapat menangani anak berkebutuhan khusus. Sistem pembelajaran atau kurikulum harus juga disesuaikan.

Tujuan dari pendidikan inklusif adalah memberikan kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus dapat belajar dan bersosialisasi dengan teman sebaya mereka tanpa ada halangan. Hak untuk setiap anak dapat mengikuti pendidikan juga terdapat dalam UUD 1945 Pasal 31 Ayat 1 UU No.20 tahun 2003. Semoga dengan ini tidak ada lagi alasan untuk mereka yang berkebutuhan khusus dapat bersekolah seperti anak yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *