Strategi Pembelajaran Pendidikan Inklusi Di Dalam Kelas

Pendidikan Untuk Semua Anak
08/07/2015
Seminar & Workshop Play Therapy
29/07/2015

Strategi Pembelajaran Pendidikan Inklusi Di Dalam Kelas

Pendidikan inklusif adalah sebuah proses mengkombinasikan semua siswa siswi didalam kelas – ini termasuk kepada siswa siswi yang mempunyai kekurangan secara fisik dan emosi serta yang kurang berbakat. Dengan menerapkan strategi pendidikan inklusif ini diharapkan akan membantu semua anak didik bisa sukses.

Beberapa murid yang belajar didalam kelas pendidikan inklusif harus bisa beradaptasi dengan struktur ruangan kelas. Ini tentunya membutuhkan strategi inklusif seperti mengganti struktur fisik didalam kelas (seperti meja dan bangku) dan ini akan membantu dan memudahkan murid murid yang mempunyai kekurangan secara fisik. Selain itu pula diperlukan pengaturan tempat duduk untuk murid yang mempunyai kekurangan dalam pendengaran dan penataan waktu belajar didalam kelas terhadap murid yang kekurangan dalam daya tangkap dan kelakuaan, sehingga mereka dapat belajar lebih nyaman didalam kelas. Adaptasi yang paling penting dalam strategi pendidikan inklusif adalah mengenalkan kepada setiap murid arti dari keberagaman. Jangan pernah untuk bertoleransi terhadap tindakan diskriminasi, mendorong murid murid belajar didalam kelompok kelompok dan biarkan mereka berkembang dan bersinar dengan cara mereka.

Mengadaptasi metode pembelajaran.

Selain menggubah bentuk fisik ruangan didalam kelas, guru juga perlu mengadaptasi metode pengajaran disesuaikan dengan anak murid berkebutuhan khusus yang ada didalam kelasnya. Contoh yang dapat dilakukan adalah dengan cara memberikan penjelasaan terlebih dahulu terhadap kata kata yang sulit pada saat memberikan pelajaran membaca.

Mengadaptasi tugas dikelas dan dirumah.

Murid murid yang mempunyai berbagai macam kekurangan membutuhkan adaptasi dalam menggerjakan tugas dikelas dan dirumah. Strategi pendidikan inklusif yang memungkinkan untuk dilakukan adalah dengan cara bekerja sama didalam kelompok dengan menggabungkan murid yang normal dengan yang berkebutuhan khusus. Juga dapat memberikan tambahan waktu ketika mereka mengerjakan tugas tugas mereka.

Mengadaptasi kuis dan ujian.

Jika ada murid yang lemah dalam membaca dan menulis karena kekurangan dapat diatasi dengan cara memberikan kuis atau ujian dengan teknik audio. Guru juga dapat membacakan soal soal ke murid yang berkebutuhan khusus, serta pertimbangkan untuk memberikan tambahan waktu.

Strategi pendidikan inklusif dapat berjalan dengan baik ketika semua lapisan didalam sekolah dan masyarakat mengerti arti dari keberagaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *