Gedung e-Building Jl. Suryopranoto No.2 Ruko Harmoni Plaza Blok I No.1-4 Jakarta Pusat
  • 021 - 632 3399
  • info@cae-indonesia.com
  • Masuk

Artikel

Seminar Pendidikan

image


PENGGUNAAN METAFOR DALAM KONSELING PENDIDIKAN UNTUK ANAK DIDIK YANG MENGALAMI PERMASALAHAN BELAJAR

Apa itu konseling pendidikan? Bagaimana menerapkan konseling pendidikan yang efektif dan efisien dalam membantu penanganan permasalahan belajar anak didik di sekolah? Bagaimana menerapkan teknik metafora dalam membantu permasalahan belajar anak didik di sekolah? 

CAE Indonesia mengadakan Seminar “Penggunaan Metafor dalam Konseling Pendidikan”. Seminar ini ditujukan bagi para guru dan konselor sekolah yang kesulitan dalam menghadapi berbagai permasalahan belajar anak didik di sekolah. Melalui teknik metafora dalam pendekatan terapi bermain, para peserta akan belajar bagaimana mengenal dan memahami permasalahan yang dihadapi oleh anak didik dalam proses pembelajaran. Kemudian peserta juga akan belajar bagaimana menstimulasi potensi individu yang mendorong peningkatan prestasi belajar anak didik di sekolah. Melalui seminar ini, peserta akan belajar tentang bagaimana menerapkan konseling yang dipadu dengan terapi bermain akan memberikan hasil yang efektif untuk mendapatkan solusi dari permasalahan belajar yang sering dihadapi oleh konselor dan guru sekolah.
 

27 Oktober 2018

Pukul 09.00 - 12.00 WIB
 

Gedung E-Building

Jalan Suryopranoto Blok I No. 2
Gedung E-Building lt. 3
Ruko Harmoni Plaza, Jakarta Pusat
 

Pembicara

Prof. Dr. Sri Milfayetti 
(Certified Practitioner in Therapeutic Play Skills)

Sri Milfayetty (Milfa) seorang guru besar dari Universitas Negeri Medan. Ia seorang konselor pendidikan sekaligus terapis bermain yang terdaftar di organisasi Play Therapy Internasional. Pengalaman kerjanya sebagai pendidik dimulai sejak tahun 1984. Diawali dengan mengelola pendidikan di Taman Kanak-Kanak, hingga pendidik di Perguruan Tinggi. Melalui pengalaman klinis dan melakukan penelitian akademik menunjukkan bahwa model integratif holistik dalam terapi bermain efektif meningkatkan kemampuan anak menghadapi masalah. Sehingga anak-anak yang mengalami masalah menjadi lebih pesat perkembangannya. Demikian juga terhadap anak-anak special need menjadi bertambah baik kemampuannya dalam 
menghadapi masalah sosial, pengendalian diri, pergaulan dan hiperaktivitas.

Menyadari keefektifan konseling yang dipadukan dengan terapi bermain bagi anak, ini mendorong Milfa menggunakan Play Therapy Multi Dimentional Model (PTDM) untuk konseling anak dan orang dewasa. Hasilnya menunjukkan bahwa proses 
conscious dan unconscious serta directive dan undirective dalam PTDM yang integrasikan dalam Konseling menjadi lebih efektif dan efisien. Pengalaman melakukannya secara sistemik di dalam proses pembelajaran menunjukkan, bahwa model ini cukup ampuh dalam menstimulasi potensi individu secara holistik dan integralistik sehingga efektif meningkatkan prestasi belajar. Beranjak dari pengalaman menerapkan pendekatan ini, Milfa mengajak para pendidik di sekolah dan keluarga untuk memahami penerapan PTDM sekaligus mendorong untuk menemukan kearifan lokal melalui permainan tradisional dan permainan inovatif di era milenial ini. Bagi konselor pendidikan profesional penerapannya sangat diperlukan, karena tidak hanya efektif untuk mengentaskan masalah akan tetapi juga efektif untuk membangun karakter anak didik – yang menjadi tugas inti pendidikan.
 

Biaya Peserta

Rp. 200.000 / Peserta
*termasuk sertifikat, snack & drink