Gedung e-Building Jl. Suryopranoto No.2 Ruko Harmoni Plaza Blok I No.1-4 Jakarta Pusat
  • 021 - 632 3399
  • info@cae-indonesia.com
  • Masuk

Artikel

Group Therapy Training Program

image


Peserta yang mengikuti training akan mendapatkan 3 SKP dari Ikatan Psikolog Klinis Indonesia. Sertifikat akan diberikan oleh the Sacramento Center of Psychotherapy.

Di dalam dunia terapi kesehatan mental dan psikis, penerapan terapi secara grup (group therapy) telah meluas dan menjadi populer di dunia internasional. Dalam praktiknya, penggunaan metode terapi grup bersama terapi individu telah memberikan hasil yang baik bagi sistem penyembuhan mental dan psikologis seseorang (Haim Weinberg, Group Psychotherapy for Advancing Mental Health, 2019).
 
Pada mulanya, di awal adalah terapi individu. Terapi grup kemudian muncul melengkapi metode penanganan terhadap pelbagai masalah atau gangguan yang terkait mental, emosi, dan psikologis manusia. Terapi grup yang kemudian dikombinasikan dengan terapi individu ini terus diperbaharui, yang kemudian diadaptasi dengan terapi secara online.
 
Apa dan bagaimana terapi grup itu bekerja?
Terapi grup merupakan satu metode di mana ada beberapa klien dan terapis yang berada di dalam satu ruang dan waktu bersama-sama untuk mengadakan sesi terapi. Akan ada suatu interaksi dalam dinamika kelompok yang ditujukan untuk suatu sistem kesembuhan mental dan psikologis dari tiap individu dengan kasus-kasus yang berbeda tetapi satu sama lain merasa berada di dalam perjuangan yang sama untuk mencapai kesembuhan dan pemulihan dalam kasus-kasus tertentu.
 
Melihat pesatnya perkembangan metode grup terapi oleh praktisi kesehatan mental-emosi secara global, Cipta Aliansi Edukasi (CAE) Indonesia bekerja sama dengan Sacramento Center for Psychotherapy USA, akan mengadakan kelas bersertifikat training program in Group Therapy bagi para psikoterapis dan konselor di Indonesia. Pengajar atau instruktur course ini adalah Dr. Haim Weinberg, PhD, CGP, FAGPA, salah seorang pakar, praktisi, dan penggagas terapi grup di berbagai negara. Beliau dikenal juga sebagai father of group psychotherapy.  
 
Untuk keterangan lebih lanjut mengenai sistem belajar, struktur pembelajaran, sertifikasi, praktikum, dan segala hal yang terkait dengan pelatihan Group Therapy, CAE Indonesia akan memberikan preview penjelasan program kepada para praktisi kesehatan mental-psikologis yang tertarik mengikuti course ini. 
 
Preview bisa dilakukan dengan perjanjian.
 
Link Pendaftaran Preview:  https://forms.gle/ZgAFU1ngFhV7gLaw9